Kamis, 08 Maret 2012
peran penting manajemen dalam kehidupan anda
Peran Penting Manajemen Dalam kehidupan Anda
A.Definisi
manajemen
Manajemen adalah kemampuan
menggunakan berbagai bentuk kekuasaan untuk mempengaruhi tingkah laku pengikut
dengan berbagai cara.
Manajemen sangatlah penting dalam
kehidupan sehari-hari,karena berperan penting dalam menentukan keberhasilan
dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan .
agar tujuan kita dapat tercapai dengan baik
manajemen haruslah terkordinir dengan baik.
B.Peran
penting manajemen
Manajamen banyak berperan antara
lain sebagai Interpersonal , Informasi,dan dalam Pengambilan keputusan .
·
peran Manajamen sebagia Interpersonal ialah sebagai penghubung
seseorang dengan orang lainnnya .
·
peran Manajemen sebagai Informasi ialah sebagai informasi atau pengatur informasi yang dimiliki
baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan.
·
peran manajemen dalam mengambil keputusan ialah peran dalam membuat keputusan baik yang
ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain.
Berikut
ini adalah peranan manajemen yang harus diperankan para manajer :
1.peran
interpersonal
·
figurehead/pemimpin symbol : sebagai symbol
dalam acara-acara perusahaan
·
leader/pemimpin : menjadi pemimpin yang
member motivasi para karyawan / bawahan serta mengatasi permasalahan yang
muncul.
·
liaison/penghubung : menjadi penghubung
dengan pihak internal maupun eksternal
2.peran
informasi
·
monitor/pemantau : mengawasi,memantau,mengikuti,mengumpulkan
dan merekam kejadian atau peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung
maupun tidak langsung.
·
disseminator/penyebar : menyebar informasi
yang di dapat kepada para orang-orang dalam organisasi
·
spokeperson/juru bicara : mewakili unit yang
dipimpinnya kepada pihak luar.
3.peran
pengambil keputusan
·
entrepreanur/kewirausahaan : membuat ide dan
kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja.
·
disturbance handler/penyelesai permasalahan :
mencari jalan keluar dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul.
·
resource allicator/pengalokasi sumber daya :
menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya.
·
negotiator/negosiator : melakukan negosiasi
dengan pihak dalam dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan.
C.Tujuan
manajemen
Tujuan manajemen itu sendiri adalah memperbaiki kontribusi
produktif orang-orang atau tenaga kerja terhadap perusahaan dengan cara
bertanggung jawab secara strategis, etis dan sosial.
D.kesimpulan
Jadi kesimpulannya, Manajemen adalah
kemampuan menggunakan berbagai bentuk kekuasaan untuk mempengaruhi tingkah laku
pengikut dengan berbagai cara.tentunya dengan hal-hal yang telah terkoordinir
dengan baik.agar tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya dapat tercapai dengan
baik.
manajemen sangatlah penting dalam kehidupan
kita karena dengan adanya manajemen dapat mengatur sesuatu dengan baik dan
benar. Terbukti bahwa manajemen sangatlah berpengaruh dalam
kehidupan kita sehari-hari,contohnya sebagai alat Interpersonal atau alat
penghubung dalam bersosialisasi , pengatur Informasi yang datang dari dalam
maupun dari luar ,dan menjadi pegangan
dalam Pengambilan keputusan untuk memecahkan suatu permasalahan yang timbul.
Dengan adanya ilmu manajemen
kehidupan manusia dalam berbisnis atau sebagainya akan lebih teratur dan
terkendali.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar