Kamis, 08 Maret 2012
peran penting manajemen dalam organisasi
Peran Penting Manajemen
Dalam Organisasi
I.manajemen
Setiap
perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yang
menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk
diwujudkan bersama.ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan manajer
secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan
peran-peran tersebut.
Manajemen yang baik haruslah
berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau
organisasi.manajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan
perusahaan dapat membawa kegagalan.
Kata
Manajemen itu sendiri berasal
dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan
mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara
universal.
Kata
manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia “maneggiare” yang
berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari
bahasa latin “manus” yang berati “tangan”.
Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa
Perancis “manège” yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari
Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris
ini juga berasal dari bahasa Italia.
Bahasa
Prancis
lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi “management”, yang
memiliki arti seni melaksanakan dan
mengatur.
·
Mary
Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan
orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
·
Ricky
W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan
pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan
efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan
perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara
benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya
dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada
keseragaman.
II.Organisasi
Arti organisasi itu sendiri adalah sebuah
perserikatan yang terdiri antara dua orang atau lebih yang didasarkan kerja
sama untuk mencapai tujuan bersama. Terdapat beberapa definisi tentang
organisasi dari beberapa para ahli,diantaranya :
1. Organisasi Menurut StonerOrganisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui dimana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
III.Peran penting manajemen dalam sebuah
organisasi
Seperti diketahui ilmu manajemen
berkembang terus hingga saat ini. Ilmu manajemen memberikan pemahaman kepada
kita tentang pendekatan ataupun tata cara penting dalam meneliti, menganalisis
dan memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan manajer.keseluruhan
tentang perkembangan (evolusi) manajemen yang telah rnenghasilkan teori-teori
manajemen yang muncul dari berbagai aliran, sehingga manajer dapat menggunakan
teori yang paling sesuai untuk menghadapi situasi tertentu.
Dengan demikian bila seorang manajer
menghadapi situasi bagaimanapun kompleksnya akan dapat mencari solusi atau
membuat keputusan yang baik.kita ambil contoh pada pembangunan Piramida
Giza, tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa memedulikan apa
sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan,
mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para
pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala
sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Dari
keterangan di atas menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri
dari proses yang mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling
mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
IV.Empat tujuan manajemen dalam sebuah
organisasi adalah sebagai berikut:
a. Tujuan Sosial
Tujuan sosial manajemen adalah agar organisasi
atau perusahaan bertanggungjawab secara sosial dan etis
terhadap keutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak
negatifnya.
b. Tujuan
Organisasional
Tujuan organisasional adalah sasaran formal
yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai
tujuannya.
c. Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional adalah tujuan untuk
mempertahankan kontribusi pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan
organisasi.
d. Tujuan Individual
Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari
tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak mencapai melalui
aktivitasnya dalam organisasi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar